Dialog iman #11: Menyikapi Wabah Corona

April 08, 2020


Senin, 16 Maret 2020

Hari ini kami membahas tentang apa itu virus corona, bagaimana penyebarannya, situasi dunia saat ini, termasuk indonesia.


Ummi menjelaskan bahwa corona berasal dari hewan liar (kelelawar & ular) yang dimakan oleh manusia. Itulah kenapa Allah mengharamkan sesuatu. Pasti ada hal yang tidak baik & membahayakan. Ketika manusia mengerjakan apa yang Allah larang, sekarang terlihat dampak buruknya. 

"Tapi apakah kelelawar & ular ga ada manfaatnya?"

Khansa menjawab, "ga."

"Hm.. ada kak, karena segala sesuatu yang Allah ciptakan di dunia ini ga ada yang sia-sia. Seperti yang pernah ummi jelaskan dulu, ada rantai makanan. Binatang satu memakan binatang lainnya. Ular siapa yang makan? Elang, kalau ga ada ular elang makan apa, ya kan?" Jelas Ummi.

"Oia..," khansa tampak paham.

"Virus corona itu makhluk Allah juga. Corona juga bertasbih kepada Allah seperti makhluk lainnya. Jadi kalau di Indonesia saat ini udah ada yang sakit karena virus corona, apa yang harus kita lakukan?"

"Beramal sholeh yang banyak.. corona makhluk Allah juga, jadi kalau pun kita sakit, itu atas izin Allah.." kata Khansa semangat.

"Maasyaa Allah.. iya, jadi ga perlu panik ya kak, kita kuatkan tawakal kepada Allah. Karena ajal kita udah ada waktunya, mau karena corona atau bukan. Tapi kita harus tetap waspada dengan menjaga kesehatan kita, makan makanan sehat, jaga kebersihan, rajin cuci tangan, olah raga, dan ga keluar rumah kecuali benar-benar perlu. Jangan lupa berdo'a juga."

(Membacakan do'a Allahumma 'aafinaa fii badanina)

Semoga Allah melindungi kita semua, aamiin.

Lalu kami ke kamar mandi untuk berwudhu.

You Might Also Like

1 Comments

  1. Dalam menyikapi wabah corona ini tentunya harus dengan kepala dingin dan terus meningkatkan iman ya. Terkadang dengan adanya corona ini membuat bersedih hati padahal kita harus selalu yakin pertolongan Allah ya mbak.

    ReplyDelete