Dialog Iman #17: Tadabbur Surat An-Nazi'at Ayat 46

September 23, 2020


Pagi ini saya & A2 (6y8m) pergi ke tempat jemuran di lantai 2 untuk berjemur matahari pagi. Lalu di sela-sela berjemur, saya membacakan surat An-Nazi'at ayat 46 dan artinya. 

"Di surat An-Nazi'at ayat 46 Allah jelaskan kalau kehidupan kita di dunia ini sangatlah singkat. Diibaratkan hanya selama sesore & sepagi hari saja. Jadi hanya sebentar jika dibandingkan dengan hari akhir nanti nak. Kalau waktunya singkat, berarti kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Nah, kira-kira hal apa yang akan A2 lakukan agar waktu yang singkat ini bisa bermanfaat?" Tanya saya.

"Hmm... " A2 terlihat berfikir kemudian tersenyum.

"Karena di akhirat nanti kita akan dihisab.. Udah ngelakuin apa aja di dunia. Semua yang ada di tubuh kita akan bersaksi atas apa yang sudah kita perbuat. Kalau pahalanya banyak dan Allah sayang, bisa masuk surga. Tapi kalau dosanya banyak ya masuk neraka.. Nah, gimana caranya biar A2 bisa masuk surga?"

"Mm... Dengan sholat.. do'a.. sama.. taat sama Allah." Ucap A2 masih dengan tersenyum.

"Maasyaa Allah.. iya benar. Taat sama Allah ya. Apa yang Allah perintahkan kita kerjakan dan apa yang Allah larang kita tinggalkan. Allah perintahkan kita sholat ya sholat ya. Ketika A2 sami'na wa atho'na dalam kebaikan kepada Abi & Ummi berarti A2 udah taat sama Allah. Karena birrul walidain adalah perintah Allah. Semoga waktu yang singkat ini Allah mudahkan kita dalam mentaati Allah dan semangat dalam beramal shalih. Aamiin~

You Might Also Like

0 Comments