Dialog Iman #19: Allah Maha Melihat Kakak Version (A1)

October 06, 2020



Ummi: Kak (7y8m), coba cari sebuah benda, trus kakak simpen di tempat tersembunyi yang ummi, abi nggak tau.

Kakak: Oh oke. Eh gimana mi? Simpen di tempat tersembunyi?

Ummi: Iya.. 

Kakak: Tapi kan Allah Maha Mengetahui Mi.

Ummi: Maasyaa Allah.. (speechless) ya, kakak simpen aja di tempat yang ummi ga tau.

Kakak: Oh.. ummi aja.. oke..

Ummi: Udah disembunyiin?

Kakak: Udah mi.

Ummi: Seperti yang kakak bilang tadi, bener banget Allah Maha Melihat lagi Mengetahui. Mau disembunyiin dimana pun pasti Allah tahu. Kayak yang Allah bilang si Surat Al-Balad ayat 7:

أَيَحْسَبُ أَن لَّمْ يَرَهُۥٓ أَحَدٌ

Terjemah: Apakah dia menyangka bahwa tiada seorangpun yang melihatnya?

Dan di Surat Al 'Alaq ayat 14:

أَلَمْ يَعْلَمْ بِأَنَّ اللَّهَ يَرَىٰ

Terjemah: Tidaklah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?


Ada hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas rahimahullah, "Allah menetapkan kebaikan-kebaikan dan keburukan-keburukan lalu menjelaskan hal itu, barangsiapa berniat melakukan suatu kebaikan namun tidak ia kerjakan, Allah mencatatnya sebagai satu kebaikan sempurna di sisi-Nya."

Kalau niat gimana? Kalau benda sama perbuatan kan terlihat. Niat gimana cara Allah melihatnya kak?

Kakak: Mm... Kan Allah yang menciptakan kita, jadi Allah tahu caranya.

Ummi: Maasyaa Allah.. iya ya, pasti Allah tahu karena Allah yang menciptakan kita. Bahkan yang ada di hati kita pun Allah tahu, padahal nggak terlihat oleh mata kita. Nggak ada seorang manusia pun tahu kecuali Allah.

Misal.. kakak punya kue, kakak mau berbagi ke A2. Tapi ternyata perut kakak masih lapar. Akhirnya karena nggak tahan, kakak makan aja kuenya. Nah niat kakak pengen berbagi itu Allah tahu dan udah dicatat sebagai satu kebaikan yang sempurna di sisi Allah. Walaupun nggak jadi berbagi.

"Selanjutnya, jika ia berniat mengerjakan suatu kebaikan lalu ia kerjakan, Allah mencatatnya sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat hingga berlipat-lipat."

Kayak kue tadi, kalau kakak jadi berbagi dengan A2, Allah catat 10 bahkan 700 kali lipat hingga lebih.. Maasyaa Allah..

"Dan jika ia berniat melakukan suatu keburukan dan tidak ia kerjakan, Allah mencatatnya sebagai satu kebaikan sempurna di sisi-Nya." Misalnya.. apa ya.. 

Kakak: Mm.. berbohong.

Ummi: Nah iya berbohong. Baru niat bohong, tapi nggak jadi. Allah catat sebagai satu kebaikan yang sempurna. Kalau jadi? Allah mencatatnya sebagai satu keburukan. Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang ya Allah kak. Kalau kakak bikin keburukan dicatetnya 1, tapi kalau kakak bikin kebaikan Allah kasih 10 bahkan sampai 700 kali lipat hingga lebih dari itu. Kurang sayang apalagi Allah ke kita..

Semoga Allah mudahkan kita dalam berbuat kebaikan & Allah jauhkan kita dari berbuat keburukan. Dan ingat bahwa Allah selalu Mengawasi, Maha Melihat & Mengetahui apa saja yang kita niatkan & kerjakan.

You Might Also Like

0 Comments